Rabu, 28 Maret 2012

Metode penelitian Kualitatif Vs Kuantitatif

Banyak yang masih bingung perbedaan antara Metode penelitian Kualitatif dan Kuntitatif apalagi bagi para mahasiswa semester akhir yang ingin melakukan penelitian (terutama penelitian sosial). Saya tidak akan berbicara secara detail tentang masalah ini karena pasti akan membuat teman-teman semua menjadi semakin bingung. Disini hanya akan membahasnya secara amat sangat ringkas.

Perbedaan M P Kualitatif dan Kuantitatif
 > Kualitatif
 Dapat dipahami sebagai metode penelitian secara "mendalam". Lalu apanya yang "mendalam" ?  Disini variabel penelitianlah yang akan kita perdalam (gali) informasinya. Dalam penulisan skripsi, pastilah ada Rumusan Masalah, nah.. yang menjadi fokus masalah itulah nantinya yang akan kita perdalam pencarian informasinya. Dengan cara apa? cara yang umum digunakan dalam metode penelitian Kualitatif adalah dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, bisa juga dengan menggunakan FGD (Focus Group Discussion), dll.

> Kuantitatif
Dapat dipahami sebagai metode penelitian secara "mendasar". Yang dimaksud dengan "mendasar" disini adalah data yang digunakan, diperoleh dari hasil rata-rata, dimana hasil tersebut merupakan perolehan dari banyak data yang diambil. Metode ini biasanya menggunakan data sample dari suatu populasi. Cara yang biasanya digunakan dalam melakukan penelitian kuantitatif adalah menggunakan kuiseoner (angket).

Sedikit pengetahuan dari saya ini semoga bisa membantu teman-teman semua, apabila ada yang kurang / bahkan salah, tolong ditambahi dan dibenarkan, agar meminimalisir tingkat kebodohan, hehe ^^

.... sebaik-baiknya ilmu adalah ilmu yang bermanfaat bagi orang lain....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar